Kamis, 30 April 2020

SHOLAT TARAWEH

TARAWEH

Secara bahasa makna taraweh adalah istirahat atau tenang, kata ini biasa dipakai dlm pelaksanaan haji yaitu waktu tarawiyah, waktu tenang atau waktu istirahat.

lalu bagaimana dgn istilah sholat taraweh...?
adapun istilah sholat taraweh yang disematkan pada sholat malam bulan romadan adalah istilah yg muncul dari umat zaman ini, ada baiknya hal ini saya jelaskan.

Pada masa nabi saw, para sahabat dan tabi'in tdk dikenal adanya istilah sholat taraweh seperti istilah sekarang, sholat malam dibulan romadon disebut dengan nama qiyamullail atau qiyamurromadhon.

sabda nabi saw
Barang siapa yang (menjalankan) qiyam Ramadan semata-mata beriman dan mengharapkan keredaan Allah Swt, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni" (HR. Imam Bukhari).

adapun istilah tarwiyah pada sholat qiyamullail itu dari hadist rawi aisyah ra, beliau berkata adapun nabi saw sholat 4 rakaat lalu tarwiyah setelah itu beliau melanjutkan 4rakaat berikutnya annasa'i.

jadi, maksudnya sholat, tarwiyah sholat lagi lalu tarwiyah, tetap maknanya pada aslinya "istirahat atau tenang"
saya mengkaitkan ini dgn puasa sebulan penuh, kita diharuskan berpuasa sebulan penuh namun dibolehkan bagi kita makan minum dimalam hari serta menggauli istri bagi yg beristri,

artinya semirip kita sekolah dari jam 7 sd jam 12 dan ada waktu istirahat. begitulah perumpamaanya.
artinya malam hari pd bulan romadan adalah waktu istirahat berpuasa dan kita mengisinya dgn memperbanyak sholat malam, saya sebut sholat malam pada waktu tarwiyah, dan inilah hakikat sebenar dari kata sholat taraweh itu.

penj. Abdul jabbar Habib

Tidak ada komentar: