Kamis, 30 April 2020

BULAN ROMADHON DAN KETETAPAN BERPUASA

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramida atau ar-ramadi yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. tdk perlu difilsafatkan bermacam macam.
jadi keistimewaan puasa bukan terletak pd bulanya tetapi kepada pelaksanaan puasanya,  dikarenakan orang orang berpuasa dibulan itulah maka adanya rahmat berkah maghfirah dsb, sehingga pada bulan itu sesuatu yg biasa menjadi istimewa.

puasa ini sudah dilakukan oleh orang orang terdahulu sebelum karasulan muhammad saw,
sebelum nabi diperintah berpuasa dibulan romadhon, nabi mengamalkan puasa. dibulan sa'ban mengikuti tradisi kaum qurais, yang merupakan sisa peninggalan ajaran nabi Ibrahim as.
dan nabi juga ketika awal hijrah memerintahkan kepada para sahabat untuk berpuasa dibulan itu yaitu bulan sa'ban, baru kemudian turun firman yg memerintahkan untk berpuasa dibulan romadhon.

wahai orang orang yg beriman ditetapkan atas kamu berpuasa sebagaimana ditetapkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

ayat ini menjelaskan kewajiban puasa sdh ada sejak dahulunya.
orang yahudi diperintah beruasa sebulan penuh tp mereka berpuasa sehari dibulan asyura,

orang nasrani diperintah berpuasa musim panas sampai kepada musim dingin lalu mereka berpuasa pada musim semi.

umat muhammad diperintah berpuasa dimusim panas, yaitu bulan romadhon yg didalamnya ada sejarah diturunkanya permulaan alqur'an.

kewajiban puasa ini memang sudah ada sejak nabi adam as dan nabi nabi setelahnya hanya bentuk dan waktunya ada perbedaan
mansawmaromadhona imanan wahtisaban ghufirolahu mataqoddamat minzambih.

Romadhon memang artinya musim panas, tetapi kita tidak fokus kepada musimnya, kita fokus pd ketetapanya,
dan untuk melaksanaanya dapat kita ketahui dari syrah nabi dan hadist rawi.

…Sungguh, telah datang bulan Ramadhan, bulan yang diberkati. Allah telah memerintahkan kepada kalian untuk berpuasa di dalamnya…” (HR Ahmad dan Nasa’i)

Penj,Abdul Jabbar Habib

Tidak ada komentar: